Obyek Wisata Curug Muara Jaya (Curug Maja)

Anakciremai
By -
2
Curug Muara Jaya

Curug Muara Jaya atau kadang disebut juga curug Maja walau sebenarnya lokasi curug agak jauh dari Desa Maja, hanya saja jika ingin berkunjung ke curug tersebut harus melewati Kecamatan Maja. curug muara jaya tepat berada di Desa Argamukti, Kecamatan Argapura Kabupaten Majalengka, Curug muara jaya mulai dikelola pada tahun 1999.  Lokasi curug muara jaya dengan pusat kota Majalengka berjarak sekitar 20,1 KM. Jadi jika Anda ingin berkunjung ke lokasi obyek wisata tersebut harus menempuh kurang lebih +20.1 km dari pusat kota Majalengka. 
curug muara jaya majalengka
Curug Muara Jaya Majalengka



Perjalanan menuju curug muara jaya dapat ditempuh menggunakan Mobil pribadi atau motor, tidak disarankan menggunakan bus besar, karena jalan yang sempit dan menanjak sangat berbahaya untuk dilalui. Untuk Anda yang belum pernah ke Curug Muara Jaya anda bisa melewati beberapa jalan:

Peta Lokasi curug muara jaya majalengka
Peta Lokasi curug muara jaya majalengka
Jika Posisi anda di jalan bundaran Cigasong: Cigasong - Cikijing kemudian pada saat sudah sampai di pasar maja, Anda belok kiri selanjutnya menuju Desa argamukti Kecamatan Argapura.
Jika posisi anda di Kota di Majalengka wetan: Anda dapat melewati jalan pejuang - Kulur - Jalan Anggarwati - Kulur Hingga tembus ke Jalan Maja - Cikijing, Saat di pasar Maja Anda belok kiri hingga menuju Desa argamukti - Argapura.
Dan Jika posisi anda di simpang empat Sukhaji Anda ikuti saja jalan ke Selatan Jalan Sukahaji - Maja hingga tembus ke jalan Maja sebelah utara mesjid maja kemudian ke pasar maja selanjutnya belok kiri menuju curug Muara jaya.

curug muara jaya
curug muara jaya
Nah jika anda sudah di area parkir curug muara jaya, untuk menuju ke lokasi curug Anda harus berjalan melewati tangga dan jalan setapak namun sekarang sudah bagus karena sudah di pasang paving block Jarak dari tempat parkir menuju curug tersebut yaitu +300 m. Anda akan melewati ratusan tangga. Jadi saya sarankan untuk memakai sepatu atau sandal yang berhak pendek, atau lebih baik tanpa hak. dan siapkan stamina terutama betis, paha, dan dengkul supaya dalam kondisi fit.
Jalan Menuju ke Curug muara jaya
Jalan Menuju ke Curug muara jaya
 Objek Wisata Curug Muara Jaya menawarkan keindahan alam dengan panorama air terjun setinggi 73 m yang terdiri dari tiga umpak. Curug muara jaya ini suasana adem, bahkan pada waktu-waktu tertentu bisa dingin sekali. Luas Curug Muara Jaya sebesar +2 Ha. Udara yang sejuk dengan hamparan sayur mayur dan pohon kesemek menjadi daya tarik bagi peminat wisata alam. 
Lokasi sekitar Curug muara jaya
Lokasi sekitar Curug muara jaya
Selain objek wisata curug maja, kawasan ini merupakan salah satu jalur alternatif pendakian ke puncak Gunung Ciremai. Disamping daya tarik objek wisata curug mura jaya ada juga daya tarik wisata budaya berupa upacara pareresan yang dilakukan setelah panen raya di lokasi Desa harjamukti ini. 
Air Curug muara jaya
Air Curug muara jaya

Objek wisata ini banyak diminati oleh wisatawan lokal Majalengka dan wisatawan luar Kabupaten Majalengka  seperti wisatawan Kabupaten Indramayu, kabupaten Cirebon, Kota Cirebon, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Sumedang dan bahkan dari kota terjauh pun banyak yang berkunjung.
Air Curug muara jaya bawah
Air Curug muara jaya bawah

Pada hari-hari libur tertentu terutama libur akhir tahun dan liburan lebaran hari raya idul fitri dan idul adha obyek wisata muara jaya ini bisa dibajiri oleh ratusan bahkan ribuan orang hingga mengakibatkan jalan Maja - Argapura macet total. Namun masih bisa teratasi dengan baik.
Ayo yang belum berkunjung ke obyek wisata muara jaya ditunggu kedatanggnya di Majalengka sini.

Curug muara jaya Tampak dari atas
Curug muara jaya Tampak dari atas
Nah untuk anda penggemar camping di lokasi curug muara jaya disediakan lapangan untuk menyelenggarakan camping. Namun harus seizin pengurus curug muara jaya, Anda diwajibkan mendaftar dan membayar biaya camping ke petugas jaga curug muara jaya.
Oh iya, untuk biaya masuk ke lokasi curug muara jaya setiap tahunnya mengalami kenaikan jadi penulis tidak bisa menyebutkan berapa harga tiket masuk tersebut, Namun jangan khawatir harga tiket masuk dan tiket parkir tidak memberatkan pengunjung.
Tags:

Post a Comment

2Comments

  1. Replies
    1. kalau bawa BIS ke atas susah, BIS parkir di terminal maja, silahkan gunakan mobil kecil atau bisa gunakan jasa tour https://www.majalengka.org/2018/12/jasa-tour-guide-obyek-wisata-majalengka.html

      Delete
Post a Comment